Jumat, 11 Februari 2011

PEMAIN PENCETAK GOL PERTAMA DI PIALA DUNIA

Quote:
Piala Dunia 1930 Uruguay
Pada Piala Dunia pertama di Uruguay, pertandingan pertama yang berlangsung pada tanggal 13 Juli 1930 mempertemukan Prancis dan Meksiko di grup A. Pada partai perdana tersebut, pemain Prancis Lucient Laurent berhasil mencetak gol paling pertama di Piala Dunia bagi negaranya di menit ke-19 memanfaatkan umpan Ernest Liberati. Prancis akhirnya memenangi pertandingan versus Meksiko itu dengan skor akhir 4-1 namun langkah Prancis sendiri tertahan di posisi 3 di grup tersebut di bawah Argentina dan Chile.
Spoiler for Lucient Laurent:
Quote:
Piala Dunia 1934 Italia
Pada even kedua ini sejatinya tidak ada partai tunggal yang menjadi partai pembukaan, mengapa? Ini dikarenakan pada tanggal 27 Mei pada saat Piala Dunia dilaksanakan, 8 pertandingan babak penyisihan dilaksanakan secara bersamaan di 8 stadion di Italia. Pemain Argentina Ernesto Belis mungkin bisa dikatakan menjadi pencetak gol pertama karena ia mencetak gol pada partai Swedia vs Argentina di menit ke-4. Pertandingan itu sendiri dimenangkan oleh Swedia dengan skor 3-2. 7 Pertandingan lainnya yakni :
- Swiss vs Belanda 3-2, gol pertama pertandingan ini diciptakan oleh pemain Swiss, Leopold Kielholz di menit ke-7
- Hungaria vs Mesir 4-2, gol pertama pertandingan ini tercipta di menit ke-11 oleh pemain Hungaria Pal Teleki
- Cekoslowakia vs Rumania 2-1, gol pertama pertandingan ini diciptakan oleh penyerang Rumania, Stefan Dobay di menit ke-11
- Spanyol vs Brazil 3-1, gol pertama dibuat oleh striker Spanyol, Jose Iraragorri di menit ke-18 pertandingan
- Italia vs AS 7-1, pemain Italia, Angelo Schiavi masuk score-sheet pertama kali melalui golnya di menit ke-18
- Austria vs Prancis 3-2, gol pemain Prancis Jean Nicolas di menit ke-18 menjadi gol pembuka pertandingan
- Jerman vs Belgia 5-2, gol pertama pertandingan ini diciptakan oleh pemain Jerman, Stanislaus Kobierski di menit ke-25
by: ACMholic
Quote:
Piala Dunia 1938 Prancis
Pada tanggal 4 Juni 1938, pertandingan penyisihan antara Jerman melawan Swiss menjadi pembuka pagelaran Piala Dunia di tahun tersebut, pada pertandingan yg berakhir dengan skor 1-1 (AET), pemain Jerman, Josef Gauchel mencetak gol pada menit ke-29. Karena belum ada sistem adu-penalti untuk menentukan pemenang pada saat itu, maka 5 hari kemudian diadakan replay yang akhirnya dimenangi Swiss 4-2
Spoiler for Josef Gauchel:
Quote:
Piala Dunia 1950 Brazil
Partai perdana Piala Dunia edisi ke-4 ini mempertemukan Brazil dan Meksiko, yang berakhir dengan keunggulan telak Brazil 4-0. Striker Brazil Ademir Marquez de Menezes mencetak gol pertama di ajang ini pada menit ke-30.
Spoiler for Ademir:
Quote:
Piala Dunia 1954 Swiss
Seperti halnya pada 1938, partai pembukaan Piala Dunia 1954 yang dilaksanakan pada tanggal 16 Juni dibuka oleh 4 pertandingan yang dilaksanakan secara bersamaan. Masing-masing 2 pertandingan di grup 1 dan 3. Gol terawal dari keempat pertandingan ini dibuat oleh pemain Yugoslavia Milos Milutinovic, pada menit ke-15 yang sekaligus adalah gol tunggal kemenangan Yugoslavia atas Prancis di grup 1. 3 pertandingan lainnya adalah:
- Brazil vs Meksiko 5-0 (Grup 1). Gol perdana partai ini dihasilkan oleh pemain Brazil, Baltazar pada menit ke-23
- Austria vs Skotlandia 1-0 (Grup 3). Gol Erich Probst di menit ke-33 menjadi gol tunggal pertandingan ini
- Uruguay vs Cekoslowakia 2-0 (Grup 3). Gol Oscar Miguez di menit ke-72 membuka kemenangan Uruguay di pertandingan ini
Quote:
Piala Dunia 1958 Swedia
Pada tanggal 8 Juni, partai pembuka Piala Dunia edisi VI ini mempertemukan tim tuan-rumah Swedia versus Meksiko. Pada pertandingan yang berakhir dengan skor 3-0 untuk keunggulan Swedia ini, striker Agne Simonsson masuk score-sheet pertama kali di ajang ini melalui golnya di menit ke-17
Spoiler for Agne Simonsson:
Quote:
Piala Dunia 1962 Chile
Sama dengan tahun 1938 dan 1954. Pertandingan pembukaan pada tanggal 30 Mei 1962 ini menghelat beberapa partai secara serentak, 1 partai di setiap grup. Pemain Argentina, Hector Facundo mencetak gol terawal di Piala Dunia ini sekaligus menjadi gol kemenangan Argentina atas Bulgaria 1-0 di menit ke-4 pertandingan. 3 pertandingan lainnya adalah :
- Chile vs Swiss 3-1 (Grup 2). Pencetak gol pertama partai ini adalah Rolf Wuethrich (Swiss), dicetak pada menit ke-6
- Uruguay vs Kolombia 2-1 (Grup 1). Gol perdana partai ini dihasilkan pemain Kolombia, Francisco Zuluaga di menit ke-19
- Brazil vs Meksiko 2-0 (Grup 3). Mario Zagallo mencetak gol pertama di partai ini di menit ke-56 untuk Brazil
Quote:
Piala Dunia 1966 Inggris
Partai perdana Piala Dunia ini dihelat pada 11 Juli, mempertemukan host-tournament Inggris dan Uruguay, yang berakhir 0-0. Gol baru lahir keesokan harinya pada 3 partai yg digelar tanggal 12 Juli secara bersamaan. Pelé mencetak gol terawal pada menit ke-14 untuk membantu Brazil mengalahkan Bulgaria 2-0 di grup 3. 2 partai lainnya adalah :
- Grup 2, Jerman Barat vs Swiss 5-0. Pemain Jerman Barat, Sigfried Held mencetak gol pertama di menit ke-16 (beda tipis ama gol Pelé... )
- Grup 4, Uni Soviet vs Korea Utara 3-0. Pemain Uni Soviet, Eduard Malofeyev mencetak gol pertama partai ini di menit ke-31
Spoiler for Pelé:
Quote:
Piala Dunia 1970 Meksiko
Sama seperti 4 tahun sebelumnya, hasil 0-0 terjadi pada partai pembuka di Grup 1 tanggal 31 Mei 1970 antara host-tournament Meksiko melawan Uni Soviet. Gol perdana tercipta 2 hari berikutnya, saat 3 partai masing-masing di grup 2, 3, dan 4 berlangsung secara bersamaan tanggal 2 Juni 1970. Pemain Bulgaria Dinko Dermendzhiev mencetak gol terawal di menit ke-13 pada pertandingan Peru vs Bulgaria di Grup 4 yang berkesudahan 3-2 untuk tim Peru. 2 pertandingan lainnya yg digelar bersamaan ialah :
- Uruguay vs Israel 2-0. Gol pembuka pertandingan dicetak oleh Ido Maniero di menit ke-23
- Inggris vs Rumania 1-0. Gol tunggal diciptakan oleh Geoff Hurst di menit ke-65
Quote:
Piala Dunia 1974 Jerman Barat
Hasil 0-0 kembali mewarnai partai pembukaan Piala Dunia yang kali ini berlangsung di Jerman Barat. Tanggal 13 Juni 1974, di grup 2 tim Brazil yang berstatus sebagai juara bertahan ditahan imbang oleh Yugoslavia tanpa gol. Gol pembuka Piala Dunia edisi ke-10 ini baru lahir di pada pertandingan kedua keesokan harinya ketika gol tunggal Paul Breitner di menit ke-18 membawa tuan rumah Jerman Barat mengalahkan Chile 1-0 di grup 1.
Spoiler for Paul Breitner:
Quote:
Piala Dunia 1978 Argentina
Untuk keempat kalinya secara beruntun, hasil imbang tanpa gol menjadi hasil dari partai pembukaan Piala Dunia, kali ini di Argentina 1978. Partai pembukaan yg berlangsung tanggal 1 Juni 1978, juara bertahan Jerman Barat tertahan oleh Polandia di grup 2. Gol pembuka Piala Dunia ini baru lahir keesokan harinya pada pertandingan di grup 1, saat duel Italia dan Prancis yang dimenangi Italia 2-1. Gol pembuka disarangkan pemain Prancis, Bernard Lacombe pada menit pertama.
Spoiler for Bernard Lacombe:
Quote:
Piala Dunia 1982 Spanyol
Pada tanggal 13 Juni 1982 di Stadion Nou Camp berlangsung partai pembukaan Piala Dunia Spanyol antara juara bertahan Argentina melawan kuda hitam Eropa, Belgia di grup 3. Pada pertandingan tersebut, gol semata wayang Erwin Vandenbergh pada menit ke-62 memberi kejutan pada Argentina yang harus menyerah 0-1 dari Belgia.
Spoiler for Erwin Vandenbergh:
Quote:
Piala Dunia 1986 Meksiko
Partai pembukaan Piala Dunia 1986 ini mempertemukan juara bertahan Italia melawan Bulgaria pada partai perdana grup A di Estadio Azteca pada tanggal 31 Mei. Pada pertandingan tersebut, striker Italia Alessandro Altobelli mencatatkan namanya pertama kali di ajang tersebut melalui golnya di menit ke-43. Pertandingan itu sendiri berakhir imbang 1-1.
Spoiler for Alessandro Altobelli:
Quote:
Piala Dunia 1990 Italia
tanggal 8 juni di stadion san siro, terjadi kejutan besar di piala dunia 1990 ketika pada partai pembukaan juara bertahan argentina yang diperkuat oleh maradona dikalahkan oleh kamerun yang sempat bermain dengan hanya 9 orang pemain, dengan skor 0-1. Satu-satunya gol sekaligus gol pembuka ajang ini diciptakan oleh Francois Omam Biyik pada menit ke-67.
Spoiler for francois omam-biyik -goal-:
Quote:
Piala Dunia 1994 Amerika Serikat
pertandingan pembukaan Piala Dunia 1994 berlangsung pada tanggal 17 juni di Stadion Soldier Field yang mempertemukan holders jerman melawan Bolivia di grup C. Pertandingan ini sendiri dimenangi oleh Jerman dengan skor tipis 1-0 melalui gol tunggal striker Jerman, Juergen Klinsmann di menit ke-61.
Spoiler for juergen klinsmann:
Quote:
Piala Dunia 1998 prancis
gelandang Brazil, Cesar Sampaio mencatatkan namanya sebagai pencetak gol perdana piala dunia 1998 setelah mencetak gol cepat di menit ke-4 bagi brazil saat mereka bertemu tim Skotlandia di grup A. Gol hasil assist Bebeto itu membantu Brazil memenangi pertandingan yang berlangsung di kota Saint Denis tersebut dengan skor tipis 2-1.
Spoiler for cesar sampaio:
Quote:
Piala Dunia 2002 Jepang-Korea Selatan
partai pembukaan Piala Dunia dwinegara pertama tersebut berlangsung pada tanggal 31 mei 2002 di Seoul, antara juara bertahan Prancis dengan tim debutan Senegal di grup A. Pada pertandingan ini kejutan kembali terjadi ketika gol gelandang Senegal, Papa Bouba Diop menjadi gol kemenangan Senegal atas Prancis 1-0. Gol tercipta pada menit ke-30 memanfaatkan serangan yang dibangun oleh El-Hadji Diouf dari sisi kanan pertahanan Prancis.
Spoiler for papa bouba diop's -goal-:
Quote:
Piala Dunia 2006 Jerman
Partai perdana Piala Dunia ke-18 ini dihelat pada 9 Juni 2006 di kota Munich, mempertemukan host Jerman melawan Kosta Rika di grup A. Partai ini menjadi salah satu partai pembukaan paling menghibur sepanjang sejarah Piala Dunia dengan menghasilkan total 6 gol, yang dimenangi Jerman 4-2. Gol pertama pertandingan sekaligus pembuka piala dunia dicetak oleh bek sayap Jerman, Philipp Lahm melalui tendangan keras di menit ke-6.
Spoiler for philipp lahm -goal-:
Quote:
-----------------------------------------
Piala Dunia 2010 Afrika Selatan
-----------------------------------------
Tuan rumah Afrika Selatan melakoni partai pembukaan piala dunia 2010 yang pertama kalinya dihelat di benua Afrika. Partai perdana yang (sekali lagi) melibatkan Meksiko ini, berakhir seri 1-1 dimana gol perdana Piala Dunia kali ini dihasilkan melalui tendangan keras kaki kiri gelandang Afsel, Siphiwe Tshabalala pada menit ke-55 memanfaatkan umpan terobosan rekannya Kagisho Dikgacoi. Pertandingan grup A ini sendiri berakhir imbang 1-1 setelah gol Rafa Marquez untuk Meksiko berhasil menyamakan kedudukan.
Spoiler for siphiwe tshabalala:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar